Minggu, 01 Maret 2015

RESOGUNO SANG PENGUKIR BATU



Resoguno dikatakan adalah orang lokal ponorogo yang ahli mengukir batu. Setelah kekalahan ki Ageng Kuttu mpu Resoguno mengabdi kepada Bhatara Katong. Oleh Bhatara Katong ia di tugaskan untuk membuat prasasti peringatan berdirinya kadipaten ponorogo. Ada 4 batu gilang buatan mpu Resoguno yang di letakkan dalam kadipaten Ponorogo (sekarang makam Bhatara Katong).
Dari ke 4 batu gilang ada 2 batu yang terpahat ukiran. Satu menggunakan sengkalan memet, satu lagi menggunakan angka tahun dalam huruf jawa kuno. Menurut buku babad ponorogo angka tahun 1418 (namun sepertinya penulis babad mengalami kesalahan pembacaan). Sehingga kevalidan data dari buku babad di pertanyakan.
Selain batu gilang ada lagi patung yang kono juga buatan mpu Reso guno, patung Budha Akshobya yang dulu di temukan di kadipaten, sekarang tersimpan di depan pendopo Kabupaten Ponorogo. Konon patung ini di buat untuk memperingati dulu adanya seorang tokoh ki Ageng Kutu. Dengan berkembangnya agama islam patung budha ini dirusak dan kepalanya hilang. Namun sekarang kepalanya sudah kembali dan berhasil di operasi.

selain operasi leher patung Buddha unfinished (setengah jadi) tadi ternyata juga mengalami bedah plastik, sehingga mengalami perubahan warna kulit menjadi hitam legam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar